Hadirkan Mushaf Al Quran Braille dan Komputer Braille untuk Tuna Netra Banyumas Raya

Pendidikan & Beasiswa
oleh Aksi Cepat Tanggap
Dibuat 17 Feb, 2022 | Kabupaten Banyumas dan Sekitarnya
Rp0 terkumpul dari Rp75.000.000 target 0.00%
  • 0 Donasi
  • Last day
  • 0 Favorit
Allah Swt menciptakan manusia dalam bentuk paling sempurna di antara makhluk-makhluk ciptaan-Nya yang lain. Walaupun terkadang masih ada beberapa kekurangan, seperti tak bisa melihat (tunanetra) dan beberapa hal lain. Hal ini disebutkan dalam firman Allah Swt:
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ (سورة التين: 4)
“Sungguh, kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (Q.S at-Tin: 4).
Dengan tak bisa melihat, manusia pasti akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Awalnya ia bisa berjalan kemanupun ia mau, akan tetapi setelah ia mengalami kebutaan, ia berjalan dengan alat bantu. Awalnya ia bisa leluasa melihat orang yang ia kasihi, akan tetapi setelah mengalami kebutaan, ia tidak bisa melihatnya lagi.
Walau cobaan ini terasa berat, Allah Swt menjanjikan surga bagi hambanya yang bersabar atas kebutaan yang dialaminya seraya mengharapkan janjinya. Hal ini tersampaikan dalam hadis qudsi, Nabi Muhammad Saw bersabda:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: “إِنَّ اللَّهَ قَالَ إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِي بِحَبِيبَتَيْهِ فَصَبَرَ عَوَّضْتُهُ مِنْهُمَا الْجَنَّةَ.
“Dari Anas bin Malik RA dia berkata; saya mendengar Nabi Saw bersabda: “Allah berfirman; “Apabila aku menguji hamba-ku dengan penyakit pada kedua matanya, kemudia ia mampu bersabar, maka aku akan mengganti dengan surga.” (H.R Bukhori)
Di Banyumas Raya ternyata ada banyak anak yang mengalami tuna netra yang berasal dari keluarga dhuafa.
Namun, ada salah satu sosok inspiratif yaitu Dek Miftah.
Dek Miftah merupakan siswa SLB Putra Manunggal (Gombong - Kebumen) yang mengalami tuna netra namun dia penghafal Al Quran, dan memiliki cita-cita menjadi guru.
Dek Miftah mengalami tuna netra permanen sejak dia masih kecil. Namun dek Miftah sangat semangat dalam menghafal Al Quran, karena mengalami tuna netra dek Miftah memulai belajar untuk menghafal Al Quran dengan cara mendengarkan dan menirukan.
WhatsApp%20Image%202022-02-17%20at%2014.06.08%20(1)_1645083211.jpeg
Saat ini dek Miftah mulai belajar Al Quran Braille, dek Miftah membutuhkan Al Quran Braile untuk bisa memahami bentuk ayat-ayat Quran dengan indra perabaanya.
Saat Dek Miftah di tanya Tim ACT Purwokerto, dia juga ingin bisa belajar Komputer karena menurutnya , tuna netra juga berhak mengikuti perkembangan teknologi seperti anak-anak pada umumnya.
Dek Miftah benar-benar ingin bisa menjadi Penghafal Al Quran dan juga Guru yang modern yang bisa mendidik anak anak lain yang juga mengalami tuna netra seperti dirinya.
rfrfrrf_1645083224.jpg
Saat ini kondisi anak-anak Tuna Netra di Banyumas Raya membutuhkan Al Quran Braille dan Komputer Braile, karena mereka juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak normal pada umumnya. InsyaAllah tim ACT Purwokerto akan menyalurkan bantuan berupa distribusi Al Quran Braille dan Komputer Braille untuk anak-anak Tuna Netra Dhuafa yang ada di Banyumas Raya.
WhatsApp%20Image%202022-02-17%20at%2014.07.46_1645083234.jpeg
Dijelaskan hanya sebab menuntun seorang tunanetra saja dapat mengantarkan diri selamat hingga dapat masuk surga.
يَا عَلِيُّ، مَنْ أَرْشَدَ الْأَعْمَى بِيَدِهِ الْيُسْرَى جَاءَ يَمِيْنُهُ فِيْ يَمِيْنِكَ
“Wahai Ali, barangsiapa menunjukan jalan (menuntun) penyandang tunanetra dengan tangan kanannya, maka datang lah tangan penyandang tunanetra itu bersama dengan tangan kananmu (maknanya orang yang menunjukan jalan itu akan digandeng selamat hingga ke surga).”
Dari keterangan tersebut dapat dipahami bahwa begitu mudahnya memperoleh surga Allah SWT. Dengan menuntun seorang tunanetra agar bisa melintas jalan saja misalnya, sudah dapat membukakan kebaikan dan mengantarkan diri ke surga.
Apalagi bila dengan sabar merawat, menjaga, orang-orang penyandang disabilitas. Maka beruntung orang-orang yang meluangkan waktunya, rezekinya, tenaganya, pikirannya untuk memberi perhatian pada orang-orang penyandang disabilitas.
InsyaAllah tim ACT Purwokerto akan menyalurkan bantuan berupa distribusi Al Quran Braille dan Komputer Braille untuk anak-anak tuna netra Dhuafa yang ada di Banyumas Raya. InsyaAllah tim ACT Purwokerto bersama relawan MRI juga akan melakukan pendampingan untuk SLB dan Majelis yang mewadahi para tuna netra.
Mari bersama-sama kita hadirkan Mushaf Al Quran Braille dan juga Komputer Braille untuk tuna netra di Banyumas Raya dengan sedekah terbaik melalui laman Amalina ini
Belum ada donasi
Hasil tidak ditemukan

Galang Dana Terkait

Lihat galang dana lain dalam kategori yang sama.

oleh Aksi Cepat Tanggap 3 hari lagi